Mobile Development : Pengertian, Fungsi, dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

Mobile Development : Pengertian, Fungsi, dan Bagaimana Cara Kerjanya ?

                 Sekarang ini perkembangan aplikasi seluler sangat pesat, mulai Ya, mulai dari ritel, telekomunikasi dan e-commerce hingga asuransi, perawatan kesehatan dan pemerintahan.

                 Yup! Organisasi di seluruh industri harus memenuhi ekspektasi pengguna akan cara-cara yang real-time dan nyaman untuk melakukan transaksi dan mengakses informasi.

                 Artikel kali ini, ingin membahas tentang pengertian, fungsi, dan bagaimana sih cara kerjanya ?

Apa itu Mobile Development ?

Mobile Application Development Company Coimbatore

                 Mobile development adalah segala jenis praktik pengembangan untuk semua tipe perangkat seluler. Pengembangan aplikasi seluler atau mobile device application development (programming) adalah proses pembuatan aplikasi perangkat lunak yang berjalan di perangkat seluler, dan aplikasi seluler biasa menggunakan koneksi jaringan untuk bekerja dengan sumber daya komputasi jarak jauh (remote).

Apa Saja Fungsinya ?

Setelah kita tau apa arti dan pengertian mobile development atau device programming di atas, tentunya kita juga harus mengetahui apa fungsi pengembangannya secara khusus.

Oke, dii era smartphone sekarang, orang-orang sering membawa perangkat portabel ke mana-mana.

Disana mereka juga bergantung pada perangkat itu serta meletakkan banyak informasi kehidupan sehari-hari mereka, seperti janji temu atau daftar belanjaan di dalamnya.

Yup! Baik itu ponsel atau tablet, Anda akan selalu menemukan mobile application (aplikasi seluler) di dalamnya.

Lalu, Bagaimana Cara Kerjanya ?

LEARN ABOUT MOBILE APP AND THE IMPORTANCE OF MOBILE APP

Di bawah ini adalah 6 (enam) langkah utama dalam mobile development atau ketika menerapkan praktik mobile device programming yang harus kalian ketahui:

  1. Ide atau idea; Saat melakukan brainstorming ide aplikasi, lakukan penelitian untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang hal itu, sebagai contoh misalnya seperti masalah apa yang diselesaikan aplikasi ini? Siapa target audiensnya? Mengapa fitur ini penting serta apakah pesaing Anda juga memiliki aplikasi serupa.
  2. Desain (design); Selanjutnya Anda akan mendesain antarmuka pengguna atau User Interface (UI) dan pengalaman pengguna atau User Experience (UX) untuk menavigasi pengguna melalui aplikasi sehingga membuatnya mudah digunakan.
  3. Pengembangan atau development; Selama tahap ini Anda akan menulis kode untuk aplikasi Anda, mengembangkan kode dan memulai pengujian pendahuluan. Perlu kalian ketahui bahwa tahapan ini lebih dikenal dengan proses mobile device programming.
  4. Pengujian atau testing; Dengan menguji aplikasi Anda, Anda akan menentukan kualitasnya, malfungsi apa yang terjadi, serta bagian dan fitur apa saja yang dapat kalian tingkatkan.
  5. Peluncuran atau launching; Setelah aplikasi Anda bebas bug dan siap digunakan, Anda dapat memublikasikannya di pasar seperti Apple App Store dan Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Jam Kerja : Senin - Sabtu - 08.00 - 17.00 WIB