Profesi Di Bidang IT : Mengenal Profesi di Bidang IT Beserta Penghasilannya

Profesi Di Bidang IT : Mengenal Profesi di Bidang IT Beserta Penghasilannya

Ini Profesi di Bidang IT yang Paling Dicari - Teknologi Bisnis.com

Saat ini, pekerjaan yang tersedia makin bervariasi. Bidang teknologi dan informasi (IT) merupakan salah satu bidang karir yang makin hari makin berkembang dan banyak peminatnya. Ini didukung dengan makin berkembangnya penggunaan software/hardware yang dipakai dalam organisasi perusahaan maupun industri. Selain itu berkembangnya penggunaan internet, website dan penunjang bisnis bersifat E (e-Businees, e-Learninge-Commerce, dsb) makin menambah variasi ini dengan banyaknya alternatif yang bisa digunakan dalam kaitannya dengan pengembangan potensi seseorang. Apa saja ya profesi di bidang IT ? Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai profesi di bidang IT sampai penghasilannya.

Perlu Perubahaan Strategi Pemasaran di Era Digital Ini - Tribunnews.com  Mobile

Pekerjaan IT dibedakan menjadi 4 kelompok nih, Apa saja ya kira – kira ? Yuk, simak penjelasan di bawah ini

1. Kelompok Pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software) baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi. Pada lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti misalnya :

  • System analyst: orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, tentang kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
  • Programmer: orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis yaitu membuat program (baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.
  • Web designer: orang yang melakukan kegiatan perecanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
  • Web programmer: orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer yaitumembuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.

2. Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di perangkat keras (hardware). Pada lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaanpekerjaan seperti :

  • Technical engineer (atau teknisi):  orang yang berkecimpung dalam bidang teknik baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer.
  • Networking engineer: orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.

3. Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi. Pada lingkungan kelompok ini terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti:

  • EDP operator : orang yang bertugas untuk mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
  • System administrator:  orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.
  • MIS director : orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik hardware, software maupun sumber daya manusianya.

4. Kelompok keempat, adalah mereka yang berkecimpung di pengembangan bisnis Teknologi Informasi. Pada bagian ini, pekerjaan diidentifikasikan oleh pengelompokan kerja di berbagai sektor di industri Teknologi Informasi.

Berapa penghasilan di bidang IT ?

Tidak Hanya Romantis, 15 Film Thailand Ini Akan Membuatmu Tertawa

Nah, sudah tahu kan profesi apa saja di Bidang IT? Tapi, berapa ya penghasilan masing” profesi di bidang IT ? Berikut penjelasannya

 1. Programmer

Tugas utama seorang programmer adalah mengaktualisasikan konsep yang datang dari system analyst agar dapat dijalankan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Anda yang lebih mendalami programming bisa berprofesi sebagai web programmer, desktop programmer, application programmer, atau game programmer. Dari puluhan perusahaan di database Qerja.com, kami menemukan bahwa gaji rata-rata programmer ada di kisaran Rp4.000.000 hingga Rp6.000.000. Beberapa perusahaan bahkan menawarkan gaji di atas Rp10.000.000, seperti Astra Otoparts, Buana Karya Bhakti, dan Henan Putihrai.

2. Software Engineer

Tugas dari seorang software engineer mirip dengan pekerjaan seorang programmer dan system analyst, maka dari itu software engineer diwajibkan paham mengenai keduanya. Yang membedakan software engineer dengan kedua profesi tersebut adalah seorang software engineer harus mendalami ilmu mengenai Software Development Life Cycle (SDLC) sebagai modal untuk mengembangkan software, mulai dari requirement hingga maintenance. Biasanya profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang memang bergerak di bidang IT, khususnya bidang pengembangan software. Seorang software engineer dapat memperoleh gaji rata-rata dengan rentang Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000. Perusahaan startup seperti bukalapak.com dan Traveloka berani menggaji tinggi software engineer mereka, yaitu Rp11.000.000 hingga Rp12.000.000. Tapi masih belum ada yang bisa mengalahkan gaji software engineer perusahaan oil & gas seperti Schlumberger, yaitu sebesar Rp19.500.000.

3. IT Consultant

IT consultant bekerja memberi saran dan ide kepada client tentang bagaimana mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi untuk memenuhi target bisnis atau menyelesaikan suatu masalah. IT consultant juga bekerja untuk memperbaiki struktur dan efisiensi dari sistem IT organisasi client. Gaji rata-rata yang bisa diperoleh IT consultant berada di range Rp6.000.000 hingga Rp11.000.000, termasuk yang tertinggi dari pelbagai profesi jurusan IT dari data kami. 

 4. System Analyst

Pekerjaan utama system analyst adalah merancang solusi IT untuk meningkatkan efisiensi bisnis dan produktifitas organisasi client dengan melakukan pendekatan logis terhadap masalah teknis. System analyst biasanya datang dari seorang programmer yang sudah mahir dan memiliki pengalaman sebagai pengembang software, sehingga dibutuhkan rata-rata 3-5 tahun untuk bisa menjadi system analyst. Dengan standar gaji rata-rata sebesar Rp6.500.000 hingga Rp12.000.000, posisi sebagai system analyst cukup menggiurkan.

5. Database engineer

Database engineer umumnya bekerja untuk mendesain dan memonitor database kompleks. Mereka bertanggung jawab di bidang pemeliharaan yang memastikan database tersebut responsif dan dapat menyediakan data yang valid. Lulusan jurusan IT yang bekerja sebagai system analyst dapat memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp4.000.000 hingga Rp5.500.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

  • Jam Kerja : Senin - Sabtu - 08.00 - 17.00 WIB